Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Siswanto dalam keterangannya tentang prospek cuaca pada 14 Februari nanti, mengatakan berdasarkan update analisa dinamika atmosfer terkini, cuaca untuk wilayah Palembang dan sekitarnya berpotensi hujan dengan intensitas bervariasi. “Namun secara dominan akan berpeluang hujan dengan intensitas sedang. Berdasarkan pada prakiraan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang, kota tersebut berpotensi diguyur hujan saat Pemilu yang akan berlangsung pada Rabu, 14 Februari 2024.

Kondisi cuaca tersebut dipengaruhi pola angin belokan dan konvergensi yang melewati sekitar wilayah Sumatra Selatan, sehingga pertumbuhan awan hujan (konvektif) yang cukup signifikan dari monsun Asia. Secara lebih rinci prospek cuaca pada saat pesta demokrasi itu pada pagi cerah berawan, siang hingga sore hujan sedang,  malam diwarnai hujan ringan. Sementara terdapat peringatan dini potensi hujan sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada sore hari.

Menyikapi kondisi alam tersebut, BMKG menghimbau kepada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar mempersiapkan tempat pemungutan suara atau TPS yang aman dari hujan, dan genangan air, maupun dampak kenaikan air pasang, termasuk membuat rekayasa lingkungan sehingga masyarakat nyaman menuju atau saat berada di TPS. Di samping itu masyarakat yang akan menuju TPS, BMKG mengimbau pula agar mempersiapkan diri mengantisipasi hujan ketika beraktivitas di luar rumah dengan payung, jas hujan dan kebutuhan terkait lainnya. “Pantau selalu update prakiraan cuaca di sekitar anda melalui beberapa kanal resmi BMKG, seperti aplikasi AppStore (info.bmkg) atau media sosial info cuaca Sumsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *